Pertumbuhan toko online dan situs jual beli online di Indonesia semakin meningkat seiring tren belanja  online. Lazada merupakan

top online retailer di indonesia yang memberikan kemudahan untuk membeli berbagai produk elektronik, dekorasi rumah tangga, produk kesehatan bahkan hingga produk kecantikan. Sangat menarik untuk kita analisis bagaimana Marketing Mix untuk toko online Lazada ini dalam rangka mengoptimalisasi Lazada sebagai toko online yang terdepan, untuk Lazada ini analisis bauran pemasarannya terdiri dari 7P yaitu price, product, promotion, place, people, process, physical evidence.

  1. Price (Harga)

Harga merupakan komponen paling berpengaruh bagi sebuah toko online, karena kemudahan para konsumen dalam mengakses berbagai toko online membuat konsumen begitu mudah melakukan perbandingan harga dalam satu waktu untuk berbagai toko online dan Lazada sebenarnya telah unggul dalam segmen harga namun keunggualn terdepan untuk segmen harga Lazada hanya pada produk Handphone dan Smatrphone, untuk produk lain semuanya memiliki rata-rata yang hampir sama. Lazada juga melakukan strategi diskon terhadap semua harga produknya, strategi ini memang cukup membuat online shoppers khususnya perempuan tertarik untuk berbelanja di Lazada, meskipun harga sebelum diskon terlihat sangat tinggi namun setelah diskon harga menjadi sangat bersaing dengan rata-rata yang ditawarkan oleh toko online lainnya.

  1. Product (Produk)

Lazada merupakan produk yang berupa jasa untuk memudahkan konsumen membeli barang secara online, tampilan website Lazada dalam memberikan display produk yang ditawarkan sangatlah baik, Lazada merupakan situs paling nyaman dan tidak membingungkan diantara toko online lainnya, fitur zoom preview yang hanya dengan menempatkan posisi pointer mouse pada display produk sangatlah memudahkan dibanding situs toko online lainya yang mesti mengklik terlebih dahulu, selain itu Lazada telah terverifikasi Norton Secured Seal dan PCI DSS (Payment Card Industry – Data Security Standard) jadi keamanan transaksi di situs Lazada terjamin dengan baik. Metode pembayaran pada Lazada terbilang lengkap yaitu melalui kartu kredit, transfer antar bank, dan bayar ditempat bahkan bisa kredit 0% namun Lazada masih harus mempermudah metode pembayaran selain yang tersedia sekarang, karena para pesaing sudah semakin jauh bekerja sama dengan perusahaan lain dalam rangka melakukan kemudahan pembayaran, contoh saja bukalapak.com telah mampu memberikan metode pembayaran melalui indomaret dan alfamart.

hal ini bukan hanya dalam rangka memberikan kemudahan dalam pembayaran namun membangun kepercayaan konsumen dalam melakukan transaksi keuangan online. Terobosan yang mendukung Lazada menjadi toko online terkemuka ialah juga dengan memberikan gratis pengiriman keseluruh daerah di Indonesia meski syarat dan ketentuan berlaku namun hal inilah yang juga membuat Lazada menjadi terdepan dalam bisnis online ini, Lazada juga menggandeng agen ekspedisi terkemuka dan terpercaya seperti JNE, TIKI, Pos Indonesia, ESL Express, dan lainnya bahkan Lazada juga membangun Lazada Express (LEX) untuk mengatasi masalah logistiknya. Pada situs Lazada juga terdapat fitur Live Chatting bagi para konsumen untuk bertanya secara langsung melalui fitur ini dengan para costumer service.

  1. Promotion (Promosi)

Promosi merupakan segmen yang sangat menarik karena perkembang teknologi sekarang maka internet marketing menjadi sebuah saluran yang urgen bagi toko online maupun bisnis lainnya, kita mengenal youtube begitu banyak iklan video yang mengawali setiap kita akan membuka sebuah video diyoutube, facebook sudah menjadi tempat pengiklanan yang efektif, iklan internet lainnya, hal ini merupakan kehandalan dari sebuah toko online dalam melakukan penetrasi pasar, namun pelaku usaha dibidang ini mesti sadar dalam promosi selain untuk mempromosikan  toko online kita juga harus punya tujuan memperluas pasar online, karena saat ini jumlah online shoppers di Indonesia baru 13% dari total pengguna internet, maka masih ada 87% pengguna internet yang belum menjadi online shoppers, karena semakin banyak online shoppers akan membuat pasar toko online semakin laris. Salah satu strategi yang relevan dalam penetrasi pasar toko online ialah dapat dilakukan dengan Hybrid Marketing yakni dengan menggabungkan tradisional marketing dengan digital marketing. Yakni dengan menggunakan media mainstream mulai dari TV Commercial dengan konten kreatif yang relevan antara audiens sekaligus para pelaku usaha e-commerce ini.

  1. Place (Tempat)

Tempat tidak menjadi permasalahan lagi bagi pelaku bisnis toko online ini, karena kemudahan jaringan internet sekarang membuat semakin banyak toko online baru bermunculan dan bersaing memperebutkan kepercayaan para online shoppers, selain itu Lazada juga memiliki kantor yang beralamat di Plaza Agro Lt. 8 dan 9, Jl. H.R. Rasuna Said Kav.X-2 No.1 Jakarta Selatan 12950, DKI Jakarta. Lazada juga telah menyediakan fiturLive Chatting dalam situsnya jika para konsumen ingin bertanya jadi tidak perlu kekantor secara langsung. Selain itu Lazada juga memiliki gudang raksasa yang memiliki luas sekitar 12.000 meter persegi, bagi perusahaan seperti Lazada aktivitas web hanya 5% sisanya 95% aktivitas banyak dilakukan digudang penyimpinan mulai dari kedatangan barang dari vendor, pengecekan kualitas barang, hingga packing barang pesanan konsumen. Dengan gudang sebesar ini tentu lazada menjadi yang terbaik dalam proses awal hingga barang sampai di tangan konsumen.

  1. People (Orang)

Lazada yang merupakan salah satu startup dengan pendanaan terbesar di Asia Tenggara, tentu mempunyai fokus yang lebih terhadap peningkatan kinerja pegawainya. Lazada di Indonesia pada awalnya hanya memiliki sekitar 100 karyawan, namun saat ini total karyawan Lazada Indonesia telah mencapai lebih dari 1.000 orang dan 75% diantaranya adalah anak muda berusia dibawah 30 tahun. Selain itu tenaga kerja Lazada juga masih mengandalkan pekerja asing dalam bidang teknologinya, karena untuk negara yang masih dalam tahap awal pengembangan internet seperti Indonesia, sangat wajar kalau solusi teknologi masih menggunakan pekerja asing, dokus dari Lazada adalah menyelesaikan masalah yang ada, dengan memanggil developer asing untuk melatih developer lokal dan hal ini adalah solusi yang terbaik, sehingga dalam beberapa tahun kedepan developer indonesia akan mampu bersaing dengan developer asing.

  1. Process (Proses)

Lazada percaya kepercayaan konsumen merupakan utama karena indonesia adalah negara pemain baru dalam bisnis internet, sehingga wajar jika ketakutan konsumen akan penipuan cukup signifikan mempengaruhi keputusan untuk melakukan pembelian di toko online, maka Lazada merekrut Supplier Trusted dan memiliki kualitas produk yang tingg sehingga tidak mengecewakan pelanggan bahkan meningkatkan kepercayaan pelanggan, Lazada pada awalnya hanya menggunakan e-commerce jenis B2C (Business to Consumer) dimana produk yang dijual merupakan kerjasama dengan supplier ternama dan biasanya dalam jumlah besar, kelemahan jenis ini dibutuhkannya modal yang besar dan gudang yang luas untuk menyimpan stock barang dari supllier, namun seiring perkembangan potensi pasar Lazada juga menggunakan e-commerce jenis C2C (Customer to Customer) dimana Lazada hanya sebagai penyedia tempat bagi Supplier untuk menjual produknya sekaligus tempat bagi konsumen untuk mencari produk yang ingin dibeli.

Proses belanja di Lazada sangatlah mudah yaitu dengan melakukan tahapan sebagai berikut :

  • Buka situs lazada.co.id lalu pilih produk yang ingin dibeli
  • Periksa informasi detail terkait produk tersebut mulai melihat display hingga spesifikasi lengkap produk
  • Konfirmasi untuk masuk kekeranjang belanja dan memeriksa barang apa saja yang telah dipesan yang ada di troli
  • Masukan email, alamat untuk login dan penentuan alamat pengiriman barang yang dipesan
  • Pilih metode pembayaran dan melakukan pembayaran dan konfirmasi bahwa berang barang tersebut yang ingin dibeli
  • Setelah melakukan pembayaran buka lagi lazada.co.id untuk melakukan cek perjalanan pesanan anda dan melihat estimasi waktu barang tiba kepada anda.

Proses seperti ini merupakan proses standar dalam pembelian secara e-commerce.

  1. Physical Evidence ( Bukti Fisik)

Perangkat-perangkat yang dibutuhkan untuk mendukung penampilan suatu produk dalam hal ini adalah website www.lazada.co.id sudah sangatlah baik ini menunjukan bahwa developer asing dari Lazada menjadikan Physical Evidence dari  www.lazada.co.id sangat user friendly, mulai dari grafik yang baik dari www.lazada.co.id, SEO (Search Engine Optimization) dari Lazada juga sangat baik hal ini bisa kita lihat di situs alexa.org yang menampilkan kepada kita kualitas dari sebuah website dan lazada menempati peringkat 805 untuk Global dan Peringkat 19 untuk Indonesia. Meski begitu Lazada masih harus banyak melakukan inovasi dalam hal bukti fisik karena kenyamanan para online shoppers dalam berselancar dan mencari produk yang diinginkan sangatlah penting.

Lazada akan menggapai titik terbaiknya dalam bisnis e-commerce di Indonesia dengan melakukan beberapa inovasi yaitu mulai dengan melakukan penetrasi pasar agar jumlah online shoppers di indonesia yang hanya 13% dari seluruh pengguna internet yaitu dengan melakukan strategi promosi melalui hybrid marketing dimana kita semua tahu indonesia merupakan negara yang baru akan berkembang dibidang internet sehingga promosi jalur hybrid marketing yaitu dengan mengkombinasikan jalur pemasaran tradisional seperti saluran Televisi dan media cetak dengan digital marketing masa kini, agar  belanja online mampu menjadi solusi kemudahan untuk mendapatkan suatu produk  hal ini juga menjadi solusi untuk membangun kepercayaan konsumen terhadap Lazada karena semakin masif Lazada melakukan promosi melalui jalur hybrid marketing masyarakat luas akan semakin percaya bahwa berbelanja di lazada itu mudah dan aman.

Selain itu Lazada juga mesti membangun sistem pembayaran yang lebih mudah dan banyak pilihan seperti dengan bekerja sama dengan berbagai platform e-money dan berbagai perusahaan dalam rangka mempermudah konsumen melakukan pembayaran. Seperti memperbanyak kerjasama dengan bank yang memiliki jaringan ATM dan Internet Banking,Indomaret , Alfamart, juga dengan berbagai provider telekomunikasi seperti telkomsel yang mempunyai produk virtual money t-cash, maupun provider lainnya yang juga memiliki produk virtual money.