Panduan Praktis Pengelolaan Referensi Menggunakan Mendeley

Panduan Praktis Pengelolaan Referensi Menggunakan Mendeley

Panduan Praktis Penggunaan Mendeley dalam Pengelolaan Referensi

Oleh:

Jun Harbi, S.Hut, M.Si

Dosen Prodi Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Palembang (Palembang, Indonesia); Mahasiswa Ph.D Program Forestry Economic and Management, Northeast Forestry University (Harbin, China)

Pengelolaan referensi berupa pembuatan kutipan dalam tubuh tulisan atau daftar pustaka dalam penulisan artikel berupa skripsi, tesis, disertasi, laporan, jurnal ataupun artikel lainnya yang membutuhkan referensi didalamnya dapat menggunakan aplikasi mendeley tanpa berbayar (Gratis).  Berikut empat tahap dalam pembuatannya. Untuk mendapatkan petunjuk praktis bergambar silahkan download dengan klik situs berikut dan temukan menu dlownload pada pojok kanan atas: https://www.dropbox.com/s/dgia2og9myd563g/Panduan%20Mendeley_Jun%20Harbi%2CM.Si.pdf?dl=0.

I. Pembuatan akun Mendeley gratis (free account)

  1. Buka situs https://www.mendeley.com/
  2. Pilih dengan meng klik “Create a free account” pada menu berwarna merah.
  3. Setelah “Create a free account” di klik, maka akan muncul halaman input email. Ketik alamat email anda yang aktif lalu klik “continue”. Selanjutnya akan muncul halaman identitas anda. Input Given Name (nama depan), Family Name (nama belakang) dan password yang anda inginkan. Akhiri halaman ini dengan klik “Register”.
  4. Lalu masukkan “current role” dan “field of study anda” dengan memilih isian yang telah tersedia. Selanjutnya klik “continue to Mendeley”. (Untuk current role merupakan status akademik saat ini sebagai dosen, mahasiswa atau yang lainnya. Sedangkan field of study merupakan ruang lingkup keilmuan anda, sifatnya ruang lingkup umum/general sehingga rumpun cabang keilmuan anda disesuaikan saja dengan ruang lingkup keilmuan yang ada pada daftar yang telah tersedia).
  5. Tahap pertama selesai. Secara otomatis akun kita telah berhasil registrasi dengan adana nama inisial pada pojok kanan atas.

II. Download dan Install Aplikasi Mendeley Desktop

  1. Setelah selesai registrasi, tahapan selanjutnya adalah mendownload dan install aplikasi Mendeley dekstop. Klik tombol “Download Desktop App” pada halaman ini.
  2. Klik “Download Mendeley Desktop for Windows”
  3. Klik “Simpan Berkas”
  4. Pilih dan klik “Run”
  5. Klik “Next” à “I Agree” à “Next” à “Install.
  6. Tunggu proses install selesai.
  7. Proses install selesai, klik “Finish” dan akan muncul halaman login. Silahkan masukkan “email” dan “password” yang digunakan saat registrasi di awal dan klik “sign in” .
  8. Proses install dan login sempurna bila muncul halaman yang menyatakan bahwa aplikasi ini telah terinstal “INSTALLED”.

III. Install Plugin Word

Setelah selesai proses install Mendeley selesai dilakukan. Selanjutnya melakukan install plugin word. Plugin word diperlukan untuk mengelola referensi (membuat kutipan dan daftar pustaka) pada Microsoft Word. Penulis sebelumnya juga telah mencoba melakukan ini di aplikasi serupa yaitu wps, namun tidak ditemukan pilihan untuk menginstallnya pada aplikasi WPS. Sehingga disarankan untuk menggunakan microsoft office word.

  1. Jalankan program aplikasi Mendeley Desktop dengan mengklik tombol aplikas tersebut yang ada di desktop komputer anda.
  2. Ini adalah tampilan aplikasi Mendeley Desktop.
  3. Pilih menu “Tools” dan klik “Install MS Word Plugin”
  4. Tunggu sampai ada halaman yang menyatakan bahwa plugin MS Word telah terinstall.
  5. Ini adalah tampilan MS Word yang telah terinstall Mendeley Plugin. Pada MS Word, klik menu “Reference” dan akan terlihat menu Mendeley. s

IV. Membuat Referensi dan Daftar Pustaka

Pada bagian ini, dijelaskan cara megelola referensi dengan membuat kutipan dalam tubuh tulisan dan daftar pustaka secara otomatis.

  1. Buka aplikasi mendeley desktop
  2. Klik tools “Add” dan akan muncul halaman untuk mencari file yang ada di dalam komputer. Untuk memasukkan file artikel tersebut juga dapat dilakukan dengan menyeret file dari foldernya dan menaruhnya di halaman Mendeley.
  3. Klik di salah satu artikel yang telah dimasukkan. Lengkapi data jurnal bagi yang belum lengkap dengan mengisi kolom Authors, Journal, Year, Volume, Issue, Pages, Abstract, Tags, Author Keywords, dan URL (sesuai dengan data yang ada).
  4. Untuk membuat kutipan pada tubuh tulisan, buka file MS word (Skripsi, tesis, disertasi, laporan, jurnal, dll) yang sedang Anda buat. Arahkan kursor pada akhir kalimat yang disitasi. Lalu klik “References”, dan pilih “Insert Citation”.
  5. Kemudian muncul pilihan. Lalu ketik pada kolom “Search by author, title or year in My Library” referensi yang anda gunakan pada kutipan tersebut. Atau klik “Go To Mendeley” untuk memilih artikel yang dikutipà lalu Klik “OK” maka akan muncul di tubuh tulisan tersebut seperti misalnya saya memilih (Prasetyo et al., 2014).
  6. Untuk membuat daftar pustaka, arahkan kursor pada halaman daftar pustaka pada artikel anda, selanjutnya klik “Insert Bibliography” pada References. Maka akan muncul secara otomatis daftar pustaka yang telah disitasi sebelumnya. Silahkan menyesuaikan format daftar pustaka yang diinginkan pada menu “Style”.

 

 

==============================SEMOGA BERMANFAAT===========================

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.