Ini adalah ulasan SUPER mendalam tentang Majestic SEO.
Dalam ulasan ini saya akan memecah semua yang perlu Anda ketahui, termasuk:
- Fitur utama Majestic SEO
- Penetapan harga dan paket
- Bagaimana perbandingannya dengan lainnya alat pembuat tautan
- Apakah harganya pantas atau tidak
- Lebih banyak lagi
Jadi tanpa basa-basi lagi, mari selami.
Apa Itu Majestic SEO?
Majestic SEO adalah alat perangkat lunak SEO yang berspesialisasi dalam analisis tautan.
Jadi tidak seperti Ahrefs , SEMRush atau Moz Pro , Majestic adalah semua tentang backlink .
Dengan kata lain: Majestic bukanlah alat lengkap yang melakukan penelitian kata kunci, , audit situs SEO dan analisis SEO di halaman.
Ini 100% fokus pada backlink.
Dan, karena mereka fokus pada analisis tautan di atas segalanya, mereka mengklaim memiliki terbaik di dunia pemeriksa tautan balik .
Saya akan menguji klaim itu nanti.
Namun untuk saat ini, saya ingin menunjukkan bahwa Majestic adalah yang pertama dan terpenting adalah alat pembuat tautan.
Mari kita lihat fitur-fitur utama Majestic.com.
Ringkasan Penjelajah Situs
Ringkasan Penjelajah Situs adalah tempat Anda mendapatkan gambaran umum tingkat tinggi dari profil tautan situs web.
Di halaman ini Anda dapat melihat daftar metrik laundry di situs web yang baru saja Anda analisis, termasuk:
- Arus Kepercayaan
- Alur Kutipan
- Alur Kepercayaan Topikal
- Tautan Balik Eksternal
- Merujuk Domain
- Mengacu Alamat IP
- URL yang dirayapi
- URL yang diindeks
- Dan banyak lagi
Dengan kata lain: halaman ini dirancang bagi Anda untuk memindai profil tautan situs dan melihat metrik tautan utama (seperti Arus Kepercayaan).
Dan jika Anda memilih “subdomain”, “Path”, atau “URL”, dari menu drop-down, Anda bisa mendapatkan data link mendetail di halaman tertentu.
Topics Report
The “Topics” report is Majestic’s way of figuring out what a website is all about.
Yang menarik dari fitur ini adalah mereka tidak menentukan topik situs Anda berdasarkan konten yang Anda publikasikan . Sebaliknya, ini didasarkan pada dari mana Anda mendapatkan backlink Anda.
For example, Backlinko is a marketing blog. And most of my backlinks come from sites in the “Computers / Internet / Web Design and Development” and “Business / Marketing and Advertising” niches.
Ini adalah fitur menarik yang belum pernah saya lihat di alat pembuat tautan lainnya .
Dan saya benar-benar berpikir ada sesuatu di dalamnya. Google mungkin menggunakan situs web yang memiliki pranala ke Anda untuk mencari tahu tentang apa situs Anda. Dan untuk mengetahui otoritas Anda pada topik itu.
Misalnya, situs Anda membahas tentang kesehatan dan kebugaran. Dan Anda mendapatkan sebagian besar tautan Anda dari situs web kesehatan dan kebugaran lainnya.
Nah, untuk mesin pencari seperti Google, ini menegaskan bahwa situs Anda tentang topik itu. Dan bahwa Anda adalah otoritas yang dihormati di ceruk itu.
So yeah, I’ve tried pretty much every SEO tool under the sun. And this is a unique feature that only Majestic SEO seems to have.
Referring Domains
Referring domains is similar to any other backlink analysis tool. It’s a list of domains that are linking to your website.
Anda juga dapat mengurutkan hasil berdasarkan Trust Flow, Citation Flow, Top level domain dan banyak lagi.
Dan jika Anda mengklik nomor yang ditautkan di bawah “backlink”, Anda dapat melihat halaman persis yang terhubung ke Anda.
One thing that kind of tripped me up was the “backlinks” number itself. Does this mean the backlinks that site has overall? Or the number of times they’ve linked to you?
You won’t find many helpful explanations as you use the tool (I’ll show you a bunch of examples in this Majestic SEO review).
Either way, this data is questionable at best. For example, take a look at this website that’s linking to me.
Menurut Majestic, domain tersebut memiliki 327.599 backlink. Atau telah terhubung dengan saya 327.599 kali.
Tidak peduli bagaimana Anda melihatnya, angka itu tidak masuk akal. Blog itu sangat dihormati. Tapi saya tahu pasti bahwa itu tidak memiliki 300k + backlink (yang BANYAK). Dan tidak mungkin mereka menautkan ke situs saya 327 ribu kali.
Jadi ya, merujuk domain adalah fitur standar dalam alat pembuat tautan apa pun. Tapi saya agak bingung dengan beberapa nomor domain perujuk yang saya temukan di Majestic.
Laporan Tautan Balik Majestic
Sekali lagi, ini tidak jauh berbeda dari yang Anda temukan di Moz Pro atau Ahrefs. Ini pada dasarnya adalah rincian profil backlink situs web.
Sama seperti laporan domain perujuk, Anda dapat menyortir dan memfilter hasil dengan 100+ cara berbeda.
Misalnya, Anda dapat mengurutkan daftar menjadi HANYA melihat backlink dengan Arus Kepercayaan tinggi atau rendah. Atau lihat tautan balik yang dihapus untuk mendapatkan gambaran tentang riwayat tautan balik situs.
Dan seperti kebanyakan alat SEO, Anda dapat mengunduh semua data ini sebagai spreadsheet CSV atau Excel.
Selain Trust Flow dan “Flow Metrics” milik Majestic lainnya, saya harus menunjukkan bahwa mereka juga melaporkan jumlah tautan eksternal pada setiap halaman yang tertaut ke Anda.
Yang unik.
Hal ini penting karena banyak orang percaya bahwa backlink pada halaman dengan 5 link eksternal lebih baik daripada halaman dengan 150 link eksternal. Itu karena halaman dengan 150 link eksternal akan “membocorkan” lebih banyak PageRank .
Saya tidak 100% menjual ide ini. Tapi sekali lagi, ini adalah fitur kecil unik yang hanya saya lihat di Majestic. Jadi saya ingin menunjukkan hal itu.
Laporan Konteks
Yang satu ini butuh waktu lama untuk memahaminya. Tidak terlalu jelas bagaimana menggunakan fitur ini pada pandangan pertama.
Tetapi pendapat saya adalah bahwa ini pada dasarnya adalah perincian SANGAT mendalam dari setiap tautan individu di profil tautan situs.
Di bawah tautan itu sendiri, Anda dapat melihat serangkaian tag.
Tag ini memberi tahu Anda apakah link tersebut baru / lama, dofollow / follow, berapa banyak link eksternal lain yang ada di halaman, dan banyak lagi.
Bukan itu yang benar-benar membuatku marah. Itu semua hal yang sangat mudah.
Apa yang saya tidak mengerti pada awalnya adalah “Bagan Densitas Tautan” mereka.
Jadi setelah membaca tentang mereka, saya bisa memahaminya.
Pada dasarnya: ini adalah cara untuk memvisualisasikan DI MANA link ada di halaman web.
Misalnya, Anda dapat melihat bahwa halaman ini memiliki banyak link di bagian atas dan bawah halaman.
There aren’t many links at all in the middle of the page.
Tautan ke situs saya ada di dalam area tipis itu (disorot dengan kotak hijau):
Ini memberi tahu Anda bahwa tautan saya tidak dikemas dengan sekelompok tautan internal atau eksternal lainnya. Itu adalah sesuatu yang Anda lihat di halaman sumber daya atau di direktori.
Sebaliknya, tautan tersebut adalah tautan editorial di dalam konten.
Dan jika Anda melihat halaman yang sebenarnya, itulah yang terjadi.
Ada banyak tautan di navigasi situs.
Very few in the middle (here’s mine).
And then a bunch more internal links in the footer.
Is this feature cool? Definitely. I’m not exactly sure what the use case is for it. But again, this is yet another Majestic SEO feature that I haven’t seen in any other tool.
New and Lost Links
There’s not much to say here. This is a list of recent links that a site built.
And links that were lost.
Perincian Anchor Text
Di sinilah Anda dapat melihat tautan paling umum teks yang digunakan orang ketika mereka menautkan ke domain atau halaman tertentu.
Sekali lagi, Anda akan menemukan hal semacam ini di alat pembuat tautan apa pun.
Tapi saya suka kata awan raksasa. Ini memudahkan untuk melihat istilah mana yang cenderung paling sering muncul di profil teks tautan situs.
My only nitpicky feedback here is that it would be nice to get a % breakdown of each term.
Yes, they give you a detailed anchor text list.
But you can’t quickly scan the list to say: “OK, 50% of the links use this term in the anchor text”.
This is something that you DO get in the Site Explorer summary report.
Tapi anehnya, Anda mendapatkan data teks tautan KURANG pada tag “teks tautan” yang sebenarnya.
Sosok pergi.
Melihat persentase yang tepat dari perincian teks tautan situs pada laporan “teks tautan” bukanlah masalah besar. Tapi itu adalah tanda lain bahwa UX Majestic benar-benar rusak (lebih lanjut nanti).
Laporan Halaman
These are the pages on a website with the most backlinks.
Jika Anda menggunakan Ahrefs, ini disebut “Best by links”. Di SEMrush, mereka menyebutnya “Halaman Terindeks”.
Tetapi semuanya bekerja dengan cara yang sama: ini adalah cara cepat untuk melihat halaman mana yang memiliki paling banyak backlink, domain rujukan, atau otoritas tautan keseluruhan.
Related Sites
As the name suggests, this is Majestic’s list of websites that are closely related to the one that you’re analyzing.
Dan saya harus mengatakan: ini akurat dan menakutkan.
Ketika saya menganalisis Backlinko, itu benar-benar mencantumkan situs yang sama yang muncul di benak saya setiap kali saya memikirkan situs lain di niche saya.
If you’re familiar at all with the SEO space you’ll recognize those sites. And you’ll probably agree that they’re VERY closely related.
I’ve seen a few other tools (like SimilarWeb) try to bubble up “related sites”.
And they all do a decent job. But I was legit impressed with the list of related sites that Majestic came up with here.
I tried out a few other websites in different niches to make sure that this wasn’t a fluke. The results weren’t as strong as when I looked at Backinko. But they were still pretty solid.
Compare Domains
Here’s where you can view the link metrics of 2-5 different sites side-by-side.
This isn’t a groundbreaking feature or anything. And it’s a feature that most other link analysis tools have. But it is a helpful feature that’s done well.
Tucked inside of “Compare Domains” is something called “Clique Hunter”.
Clique Hunter menunjukkan domain yang tertaut ke semua situs yang baru saja Anda bandingkan. Bukan hanya satu.
Mengapa ini membantu?
Sederhana: jika sebuah situs menautkan ke SALAH SATU pesaing Anda, itu pertanda bahwa mereka mungkin juga menautkan ke Anda. Tetapi jika situs yang sama menautkan ke empat situs yang bersaing, mereka JAUH lebih mungkin mengirim tautan ke arah Anda.
Misalnya, inilah yang saya lihat ketika saya membandingkan pesaing SEO utama saya.
Jika saya menjalankan kampanye pembuatan tautan, salah satu langkah pertama saya adalah mencari tahu bagaimana saya juga bisa mendapatkan tautan balik dari situs-situs di daftar ini.
Pemeriksa Kata Kunci
Saya telah bekerja di bidang SEO penuh waktu selama lebih dari 7 tahun. Dan sejujurnya saya tidak 100% mengerti apa fitur ini atau bagaimana memanfaatkannya secara maksimal.
Dari apa yang saya pahami, Majestic mencoba memperkirakan volume pencarian berdasarkan seberapa sering istilah muncul di halaman.
Tapi saya bisa saja salah.
For example, when I searched for “keto diet”, Majestic tells me that this keyword gets 67 searches per month.
Apa? Menurut setiap lain di alat kata kunci luar sana (dan akal sehat), kata kunci ini dicari ribuan kali setiap bulan.
Menurut pendapat saya, Pemeriksa Kata Kunci adalah contoh bagus dari salah satu kelemahan terbesar Majestic SEO:
Ini adalah fitur menarik yang tidak bisa dijelaskan dengan baik. Dan bahkan mungkin tidak berhasil.
Bergerak…
Metrik Aliran SEO Majestic: Aliran Kepercayaan, Alur Kutipan, dan Lainnya
Tidak ada ulasan Majestic SEO yang lengkap tanpa perincian metrik tautan kepemilikan mereka.
Jadi izinkan saya menjelaskannya dengan cepat di sini:
Arus Kepercayaan: Metrik Aliran Kepercayaan adalah versi Majestic TrustRank . Ini pada dasarnya adalah berapa banyak tautan yang didapat situs dari sekumpulan “situs benih” pilihan. Dan dari tautan yang memiliki tautan dari situs benih tersebut. Saya pikir Google menggunakan sesuatu yang serupa (tapi JAUH lebih maju) dalam algoritme mereka. Jadi mungkin ada sesuatu untuk itu.
Alur Kutipan: Ini pada dasarnya adalah Otoritas Domain. Jadi jika Anda mendapatkan banyak backlink dari situs otoritas, jumlah ini akan naik.
Arus Kepercayaan Topikal: Di sinilah Majestic memecah jenis situs web tempat Anda mendapatkan tautan. Tak perlu dikatakan, Anda menginginkan tautan balik dari domain otoritatif. Tetapi Anda juga menginginkan tautan dari terkait situs . Dan metrik ini membantu Anda mengetahui jenis situs yang tertaut ke Anda.
Apakah Indeks Tautan Majestics Sebesar yang Mereka Klaim?
Saya ingin dengan cepat membandingkan data tautan Majestic dengan tiga alternatif SEO Majestic: Ahrefs, SEMrush dan Moz Pro.
Untuk perbandingan cepat ini, saya melihat berapa banyak domain rujukan dan tautan balik yang ditemukan setiap alat untuk situs web saya, Backlinko.com.
Berikut hasilnya:
Alat | Total Backlinks | Total Domain Pengarah |
---|---|---|
SEO Majestic | 64.849.233 | 50.712 |
Ahrefs | 1.200.000 | 21.300 |
SEMrush | 1.600.000 | 22.600 |
Moz Pro | 634.500 | 23.994 |
Saya menjalankan analisis yang sama lagi. Kali ini di situs besar di ceruk kesehatan.
Alat | Total Backlinks | Total Domain Pengarah |
---|---|---|
SEO Majestic | 57.228.004 | 351.090 |
Ahrefs | 53.700.000 | 297,000 |
SEMrush | 19.200.000 | 159,000 |
Moz Pro | 9.500.000 | 169.900 |
Jelas, saya tidak dapat menarik kesimpulan pasti dari analisis dua situs web.
Tetapi berdasarkan tes yang sangat kecil ini, Majestic SEO terlihat bersaing dengan alat pemeriksa backlink utama lainnya. Tapi itu belum tentu lebih baik dalam menemukan backlink. Dan saya benar-benar meragukan klaim mereka memiliki indeks backlink terbesar di planet ini.
Dukungan SEO Majestic
Sejauh ini ulasan Majestic SEO ini telah memfokuskan 100% pada fitur .
Yang mengatakan: Saya juga ingin mencoba dukungan Majestic. Saya biasanya melakukan ping ke dukungan beberapa kali ketika saya pertama kali mendaftar untuk suatu alat. Hanya untuk mencari tahu bagaimana memanfaatkannya semaksimal mungkin. Atau untuk mendapatkan kejelasan tentang arti sebenarnya dari metrik.
Dan saya akhirnya menilai alat tersebut sebagian berdasarkan tingkat dukungan mereka.
Jadi saya pikir perlu menguji dukungan Majestic untuk ulasan ini.
For this test, I sent this message over to their support.
Dan 53 menit kemudian, saya menerima ini:
Jawaban yang sangat membantu! Agen tersebut sebenarnya menggunakan situs web saya sendiri sebagai contoh. Jadi saya tahu bahwa ini bukanlah respons umum dari beberapa template. Secara keseluruhan, dia melakukan pekerjaan yang hebat dan menyeluruh dalam menjawab pertanyaan saya.
So based on this one ticket, I’d have to give Majestic an A+ for support.
Majestic SEO Pricing
Here’s how Majestic’s monthly pricing breakdown:
Kecuali Anda menginginkan akses API, Anda melihat dua paket berbeda: Lite ($ 49,99 / bulan) dan Pro ($ 99,99 / bulan).
Secara keseluruhan, paket ini JAUH lebih murah daripada dua pesaing utama Majestic: Ahrefs dan SEMrush.
Ahrefs dan SEMrush keduanya mulai dari 99 $ / bulan.
Jadi pada akhirnya, paket Majestic SEO’s Lite adalah 50% lebih murah daripada Ahrefs dan dan SEMrush.
Majestic SEO: Hal yang Saya Suka
Berikut beberapa hal yang sangat saya sukai tentang Majestic SEO.
Fitur Unik: Mungkin tidak dijelaskan dengan baik. Dan mereka mungkin tidak terlalu berguna bagi kebanyakan orang. Tetapi tidak ada keraguan bahwa Majestic memiliki banyak fitur yang tidak akan Anda temukan di alat SEO lainnya. Misalnya, tidak ada alat SEO lain di pasaran yang memiliki sesuatu yang menyerupai Laporan Konteks Majestic.
Metrik Tautan Kepemilikan: Arus Kepercayaan. Alur Kutipan. Alur Kepercayaan Topikal. Ini adalah metrik yang unik untuk Majestic.
Jelas, Citation Flow pada dasarnya adalah “Otoritas Domain” di Moz Pro dan “Peringkat Domain” di Ahrefs. Jadi metrik itu tidak terlalu unik. Tapi Trust Flow dan Topical Trust Flow 100% unik untuk Majestic SEO. Dan mereka melakukannya dengan baik.
Dukungan Cepat dan Bermanfaat: Satu kontak saya dengan tim dukungan Majestic membuat saya terkesan.
Indeks Tautan Balik: Indeks baru dan indeks historis Majestic sama-sama solid. Secara keseluruhan, perayap tautan Majestic mungkin tidak sebaik yang mereka klaim. Tetapi indeks mereka jelas sebanding dengan Moz Pro, Ahrefs dan SEMrush.
Majestic SEO: Yang Tidak Saya Suka
Berikut adalah hal-hal utama yang saya tidak suka tentang Majestic SEO.
UX yang Mengerikan: UX Majestic sudah tua. Seperti Geocities tua. Dan saya tidak hanya berbicara tentang tampilan alat (meskipun antarmuka situsnya sendiri sangat kuno).
UX Majestic secara keseluruhan tidak intuitif, membingungkan, dan benar-benar rusak.
Dan ini datang dari seseorang yang telah berkecimpung di bidang SEO selama bertahun-tahun. Jadi saya bisa mencari tahu fitur-fitur berbeda apa yang dilakukan berdasarkan alat lain yang saya coba. Jika Anda baru mengenal SEO, Anda mungkin akan kesulitan bahkan saat menggunakan Majestic. Tidak masalah mendapatkan hasil maksimal darinya.
Saya telah memberikan banyak contoh UX yang rusak dalam ulasan Majestic SEO ini. Jadi saya tidak perlu membahasnya lagi di sini. Tapi bagi saya, UX yang buruk adalah kekurangan # 1 Majestic.
Flat Out Data Salah: Alat SEO yang berbeda akan memiliki angka yang sedikit berbeda. Itu normal. Tapi saya menemukan beberapa kasus data Majestic salah.
For example, according to Majestic, Backlinko has 619,110 indexed URLs.
In reality, my site has 240 URLs indexed in Google.
Sekali lagi, saya tidak mengharapkan angka ini 100% akurat. Tetapi ketika angkanya sangat jauh, itu membuat saya mempertanyakan data alat secara keseluruhan.
Penulisan UX: Memiliki antarmuka yang sulit digunakan adalah satu hal. Tetapi yang membuatnya lebih buruk adalah fitur-fitur ini memiliki penjelasan yang buruk atau tidak ada.
Saat melakukan penelitian untuk ulasan Majestic SEO ini, saya menemukan lusinan metrik, fitur, dan laporan yang tidak jelas. Dan penjelasannya tidak membantu.
Fitur yang Tidak Berguna: Sepertinya tim Majestic SEO hanya melemparkan banyak hal ke dinding untuk melihat apa yang menempel. Yang membuat platform membengkak dengan fitur yang tidak memiliki tujuan praktis. Contoh terbaik dari fitur tidak berguna yang saya temukan disebut “Profil Bisnis”:
Ini pada dasarnya adalah direktori layanan. Mengapa ada direktori yang dimasukkan ke dalam alat SEO? Saya tidak punya ide.
Intinya: Review SEO Majestic menurut saya
Secara keseluruhan, saya tidak bisa merekomendasikan Majestic SEO .
Seperti pepatah lama mengatakan: “Anda mendapatkan apa yang Anda bayar”. Dan saya pikir itu pasti berlaku di sini.
Meskipun Majestic setengah harga Ahrefs, itu juga setengah bagus.
Jika Anda menginginkan rangkaian perangkat lunak SEO level pro, Majestic berada beberapa tahun di belakang Ahrefs dan Moz Pro. Itu tidak memiliki fitur standar (seperti alat penelitian kata kunci dan analisis SERP) yang dimiliki sebagian besar alat utama lainnya.
Plus, fitur Majestic tidak telah secara baik rusak, rumit, atau tidak menjelaskan dengan baik (dan kadang-kadang semua tiga).
Ja
di jika Anda serius tentang SEO, Anda jauh lebih baik dengan SEMrush atau Ahrefs. Dan jika Anda memiliki anggaran yang sangat ketat, Anda lebih baik menggunakan sesuatu seperti Ubersuggest .
Sekarang Saya Ingin Mendengar Dari Anda
Jadi itu saja ulasan Majestic SEO saya.
Secara keseluruhan, menurut saya alat ini melakukan beberapa hal dengan baik. Tetapi alat tersebut membutuhkan perbaikan besar-besaran agar dapat berada dalam percakapan yang sama dengan Ahrefs.
Dan sekarang saya ingin mendengar apa yang Anda katakan.
Apakah Anda pernah mencoba Majestic SEO sebelumnya?
Jika demikian, saya ingin mendengar pengalaman Anda dengannya.
Jadi beri tahu saya pendapat Anda dengan meninggalkan komentar di bawah sekarang.