Program WR III UMPalembang 2016-2019

PROGRAM KERJA WAKIL REKTOR III

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG

PERIODE 2016-2019

  1. VISI

Menjadikan Sumberdaya Mahasiswa dan Alumni Universitas Muhammadiyah Palembang berdaya saing tinggi serta unggul dalam ipteks berbasis ke-Islaman pada tahun 2022.

  1. MISI
  1. Menyiapkan mahasiswa dan alumni yang berintegritas tinggi untuk mewujudkan generasi muda yang berkarakter dan kader-kader Persyarikatan.
  2. Melaksanakan pengembangan mahasiswa dan alumni melalui program kulikuler, ko-kulikuler dan ekstra-kulikuler berdasarkan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
  3. Menanamkan iklim aktivitas kemahasiswaan yang kondusif untuk mengembangkan mahasiswa dan alumni yang memiliki kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual.
  4. Menanamkan keseimbangan antara tugas utama akademik dengan aktivitas kemahasiswaan kepada mahasiswa untuk membantu menghasilkan alumni yang berdaya saing tinggi dan unggul dalam Ipteks berbasiske-Islaman.
  5. Menerapkan manajemen lembaga kemahasiswaan, aktivitas kemahasiswaan, alumni, keuangan dan mutu berbasis perencanaan, skala prioritas, evaluasi, dan teknologi informasi.
  • TUJUAN
  1. Tersedianya infrastruktur lembaga kemahasiswaan berupa Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) tingkat Universitas dan Fakultas, Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) dan Badan Ekskutif Mahasiswa (BEM) tingkat Universitas, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tingkat Universitas, BPM dan BEM tingkat Fakultas, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) di setiap program studi, serta himpunan alumni di tingkat Uniuversitas, Fakultas, dan/atau Program Studi untuk menjamin layanan aktivitas penelusuran minat, bakat dan potensi mahasiswa dan alumni.
  2. Terwujudnya kualitas tata kelola lembaga kemahasiswaan, aktivitas kemahasiswaan, alumni, dan keuangan berbasis perencanaan, skala prioritas, evaluasi, dan teknologi informasi.
  3. Meningkatnya kuantitas dan kualitas prestasi lembaga kemahasiswaan dan aktivitas kemahasiswaan di tingkat lokal, regional, nasional dan/atau internasional.
  4. Terciptanya kehidupan lembaga kemahasiswaan dan aktivitas kemahasiswaan yang harmonis dan dinamis, dalam keseimbangan antara tugas pokok akademik dan keorganisasian berdasarkan nilai-nilai ke-Islaman dan Kemuhammadiyahan.
  5. Terwujudnya mahasiswa dan alumni yang memiliki integritas tinggi berdasarkan nilai-nilai ke-Islaman dan Kemuhammadiyahan, serta cerdas secara intelektual, emosional dan spiritual.
  1. PROGRAM KERJA
  1. Melanjutkan program kerja Wakil Rektor III (WRIII) periode sebelumnya dalam pembinaan dan pengembangan kemahasiswaan dan lembaga kemahasiswaan serta alumni.
  2. Mendorong terlaksananya program kerja lembaga kemahasiswaan sampai terlaksananya pergantian kepengerusuan.
  3. Mendorong aktivitas alumni dan keberadaan kelembagaan alumni UMPalembang.
  4. Melalui lembaga center development carier (CDC) UMPalembang mendorong program treacer study terhadap alumni yang lulus dalam kurun dibawah 5 tahun
  5. Mendorong pelaksanakan pergantian kepengurusan unit kegiatan mahasiswa (UKM) tingkat universitas dengan memastikan tiga hal penting harus terlaksana dalam proses musyawarah pergantian pengurus yang meliputi;
  6. Membudayakan pertanggungjawaban pengurus UKM terkait dengan pembuatan laporan pertanggungjawaban yang tertib dan rapih.
  7. Menyusun program kerja satu tahun ke depan untuk diamanatkan kepada pengurus baru hasil musyawarah pergantian pengurus UKM terkait.
  8. Proses pergantian pengurus yang jujur, adil, terbuka, bermartabat, elegan, santun dan bertanggung jawab, dibuktikan dengan dihasilkannya pengurus baru dan diantarkan sampai pengukuhan/pelantikan pengurus baru.
  9. Mendorong terbentuknya kembali badan perwakilan mahasiswa (BPM) dan badan ekskutif mahasiswa (BEM) Universitas Muhammadiyah Palembang sebagai amanat Pedoman PP Muhammadiyah Noomor 02/PED/I.0/B/2012 tentang Perguruan Tinggi muhammadiyah khususnya Bab X Pasal 28.
  10. Ikut serta mengirimkan mahasiswa/i UMPalembang dalam even-even lokal, regional maupun nasional yang terkait dan relevan dalam bidang ekstrakulikuler.
  11. Melaksanakan latihan kepemimpinan dan manajemen mahasiswa tingkat dasar (LKMM-TD) bagi pengurus lembaga kemahasiswaan di lingkungan UMPalembang.
  12. Mengikuti rapat, pertemuan, sarasehan bidang III baik secara internal Muhammadiyah maupun ekternal dalam lingkungan Kemenristek Dikti maupun lembaga atau instansi lain yang terkait dan relevan.
  13. Mengembangkan dan membentuk wadah penyaluran minat dan bakat serta potensi mahasiswa/i yang belum tercakup dalam unit kegiatan yang belum terakomodir seperti kemunitas penelitian, mahasiswa tahfiz dan tilawatil qur’an, putra putri kampus UMPalembang.
  14. Mendorong dan mengembangakan program kreativitas mahasiswa UMPalembang dengan menyerap pembiayaan dari Simlitabmas Kemesristek Dikti.
  15. Menjaring kerjasama dalam negeri dengan lembaga/institusi lokal, regional maupun nasional baik swasta maupun pemerintah untuk mendorong dan mengembangkan kuantitas dan kualitas pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian dan implementasi Al-Islam dan Ke-Muhammadiyahan di kalanagan civitas akademika UMPalembang.
  16. Bekerjasama dengan bidang IV mendorong terlaksananya program inplementasi Al-Islam dan Ke-muhammadiyahan di kalangan mahasiswa/i dan lembaga kemahasiswaan, dengan melaksanakan kegiatan hifdzil qur’an, tilawatil qur’an, dan kajian terkait penanaman nilai-nilai Al-Islam dan Ke-muhammadiyahan.

Palembang,     Agustus  2016

Wakil Rektor III,

Dr. Ir. Mukhtarudin Muchsiri, MP.

NBM/NIDN. 734560/021201196802

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.